Pages

Kamis, 15 Desember 2011

Love Bites: The Twilight Saga's Companion

Kerja keras sepertinya menjadi tema dari buku ini. Twilight Saga adalah novel yang memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Dan buku ini, sebagaimana judulnya, merupakan bacaan pendamping dari novel itu. Namun, alih – alih hanya mengisahkan tentang tokoh – tokoh novel, buku ini banyak menceritakan kerja keras yang harus dilakoni si penulis cerita dan aktor – aktris yang bermain di film Twilight Saga sehingga baik buku ataupun film Twilight Saga bisa sedemikian sukses di pasaran. 

Twilight Saga ditulis oleh Stephenie Meyer. Stephenie sepertinya masuk dalam kategori – meminjam istilah Malcolm Gladwell – penulis yang “cepat panas”. Twilight ditulisnya tanggal 2 Juni 2003 dan selesai pada akhir agustus tahun yang sama. Dalam sehari ia bisa menulis 10 sampai 12 halaman dalam spasi tunggal. Karenanya tidak heran jika proses penulisan novel yang tebal namun memiliki banyak penggemar fanatik ini hanya diselesaikan Stephenie hanya dalam waktu tiga bulan saja. Akan tetapi sebelum tenar, naskah Twilight ini ditolak kurang lebih delapan penerbit. Tanpa kegigihan Stephenie mungkin naskah Twilight hanya akan menjadi kertas berjamur di sudut kamar tidur Stephenie! 

Darimana Stephenie mendapatkan inspirasi dalam menulis novelnya? Siapa yang mengira jika ternyata ia menulis novel percintaan vampir ini dari mimpinya. Apa isi dari mimpinya silakan anda baca sendiri. Jika ia menjadikan mimpinya sebagai inspirasi dalam menciptakan novel laris ini, jalan cerita novel twilight ternyata banyak diadaptasi dari Novel terkenal sepanjang masa karya Jane Austen; Pride and Prejudice. Bahkan perjalanan hidup tokoh Twilight ternyata mirip dengan perjalanan hidup tokoh – tokoh di Pride and Prejudice. Liv Spencer, penulis buku ini memerlukan sepuluh halaman untuk menunjukkan kesamaan jalan cerita Pride and Prejudice dengan Twilight. Bahkan di halaman 48 Liv menulis bahwa Stephenie Meyer menciptakan pasukan pembaca baru Pride and Prejudice dengan menuliskan novel Twilight ini. 

Sayangnya, meski di judul ada tambahan kalimat “ The Twilight Saga’s Companion” dari Penerbit Atria, buku ini hanya menghabiskan tiga bab saja untuk membahas buku Twilight. Sisanya, 18 bab, berisi tentang film Twilight. Saya sebenarnay lebih menginginkan agar buku ini berkisah tentang bagaimana Stephenie berdamai dengan hatinya sendiri ketika menciptakan tokoh – tokoh novelnya. Saya sangat ingin tahu bagaimana kehidupan normal Stephenie ketika menuliskan novel ini. Bagaimana hubungan ia dengan suaminya dan anak – anaknya ketika menulis. Bayangkan, suami Stephenie bahkan harus rela berhenti bekerja dan menjadi “Bapak Rumah Tangga” karena kesibukan Stephenie dalam menulis! Karena itu, menurut saya ada baiknya Penerbit Atria memberi judul buku ini dengan Love Bites: The Twilight Saga Movie’s Companion! 

Akan tetapi, meskipun sedikit kecewa, saya tetap mendapatkan pesan berharga dari buku ini. Pesan itu adalah bahwa jika kita menginginkan sesuatu, kita harus memperjuangkannya. Robert Pattinson pemeran Edward Cullen dalam film Twilight adalah contoh pertama pekerja keras. Robert awalnya dicemooh para penggemar Twilight ketika diketahui akan memerankan Edward Cullen. Menyadari beban yang sangat berat dari para penggemar Twilight, Robert berusaha mati – matian agar dapat memerankan Erward Cullen dengan sebaik – baiknya. Bayangkan, Robert menamatkan tiga buku Twilight hanya dalam satu akhir pekan saja. Dan bahkan untuk lebih menjiwai perannya, Robert pernah berniat untuk tidak berbicara dengan orang lain selama sebulan lamanya! 

Begitu juga dengan Taylor Lautner yang memerankan Jacob Black. Karena dalam kisahnya, Jacob Black adalah seorang yang bertubuh besar, Taylor pun melatih tubuhnya dengan keras sehingga bobot tubuhnya naik 13 kilogram hanya dalam waktu 11 bulan saja. 

Kerja keras yang semacam ini seringkali saya dengar dari aktor – aktor luar negeri. Namun saya jarang mendengarnya dari aktor – aktor kita sendiri. Banyak dari aktor kita yang hanya bermodalkan tampang keren saja tanpa dibarengi kemampuan acting yang baik. Produk film atau buku – buku kita sering terkesan dibuat secara terburu – buru agar cepat selesai sehingga siapapun akan mampu merasakan kehambaran atau kedangkalannya. 

Mungkin buku ini kurang memenuhi keinginan saya namun untuk pelajaran yang saya dapat darinya, saya merekomendasikannya untuk anda baca. 

Informasi Buku:
Buku 24
Judul: Love Bites: The Twilight Saga's Companion
Penulis: Liv Spencer
Penerjemah: Nengah Krisnarini
Penerbit: Penerbit Atria
Tebal:  360 halaman
Cetakan:  I, November 2011

6 komentar:

  1. 1. tumben atria ngeluarin buku dengan cover "agak dewasa" dan pemilihan font yang mirip sama penerbit sebelah ya..

    2. ada foto-foto di dalemnya ngga?

    3. Sampai sekarang pun, disamping jutaan penggemar twilight, ada juga jutaan pembenci twilight krn ceritanya so lame... jadi ngga heran kalau Meyer sempet ditolak di beberapa penerbit.. IMO

    4. ide untuk bikin review dengan video bagus! tapi kenapa ngga keliatan mukanya?? XD

    BalasHapus
  2. wah bagus nih ceritanya dari bukunya mantap :D

    BalasHapus
  3. @ana: 1. Iya, kavernya bikin sulit nyimpen bukunya. anak2 pasti tanya - tanya tuh.
    2. Foto - fotonya sebatas aktor dan aktrisnya twilight aja
    3. Aku sendiri bukan penggemar atau pembenci twilight. vampir favoritku cuma drakula. he he he
    4. Wajahku terlalu mahal untuk dipublikasikan mbak. ha ha ha ha ha

    BalasHapus
  4. sama...aku juga kecewa dengan banyaknya bagian dalam buku ini yg membahas adaptasi filmnya

    BalasHapus
  5. wowww, ternyata inspirasinya MIMPI kerennn.... cuma ini doank Film bule yg saya tonton, klo bukunya gak sanggup baca Tuebelll bgt & harganya pasti Mahalll

    BalasHapus
  6. waaah senanganya bisa menemukan blog ini....ulasan disini benar benar objektif. saya termasuk penggemar the twilight saga's movies dan novel2nya. dan entahlah, kenapa sya bisa mendapatkan pesan pesan positif dari seluruh cerita twilight saga..(tetap kembali lagi pada masing2 pembaca ya! ) dan mulai penasaran nih membaca isi buku love bites : the twilight saga movie's companion... ^^,

    BalasHapus