Pages

Senin, 07 Mei 2012

Manusia – Manusia Paling Misterius di Indonesia


Semua Negara, sepanjang sejarahnya, memiliki manusia – manusia besar yang turut membentuk karakternya. Negara besar seperti Amerika, pernah memiliki seorang besar seperti George Washington yang akan dikenang rakyat sebagai pemimpin yang jujur. Dan    bukan cuma Washington, ada ribuan orang lain. Bahkan mungkin ratusan juta orang.

Begitu juga dengan Negara kita. Kita pernah memiliki seorang pemimpin besar seperti Ir. Soekarno. Seorang presiden yang disegani di seluruh dunia. Seorang pemimpin dengan karakter yang sangat kuat sekaligus pendiri bangsa. Seorang yang cerdas sehingga menguasai begitu banyak disiplin ilmu. Seorang yang tampan dan gagah sehingga menjadi pujaan banyak wanita. Kita berbangga hati karena pernah memiliki pemimpin seperti itu. Namun, seperti Amerika, kita tidak hanya memiliki seorang saja. Ada jutaan orang.
Namun, karena sejarah tidak selalu dicatat, akan selalu muncul kesimpang siuran kabar. Yang karena kesimpang siuran itulah ada banyak tokoh yang tidak dikenal dan ada banyak tokoh yang misterius.

Kita bisa memaklumi hal ini karena rentang waktu antara kehidupan tokoh – tokoh itu dengan kehidupan kita di masa kini begitu panjang. Kalau ada distorsi sejarah selama kurun waktu itu, tentu hal yang wajar. Akan tetapi distorsi itu  tidak selalu dikarenakan kesalahan wajar. Banyak juga sejarah yang diselewengkan karena kepentingan pribadi atau golongan tertentu.
Terlepas dari itu semua, Anton WP menulis Manusia – Manusia Paling Misterius di Indonesia ini. Buku yang berisi sepuluh orang Indonesia yang dianggap paling misterius ini dimulai dengan kisah Gajah Mada. Lalu diikuti kisah hidup Hang Tuah, Syekh Siti Jenar, Ronggowarsito, Si Pitung, Tan Malaka, Supriyadi, Kahar Muzakar, Syam Kamaruzaman dan Sudjana Kerton. Urut – urutan ini sudah cukup menarik bagi saya. Karena semua tokoh yang dipilih sudah mewakili setiap zaman. Gajah Mada, sang pemersatu nusantara, mewakili zaman kuno. Sedang zaman modern diwakili oleh Sudjana Kerton yang konon pernah diculik oleh UFO.

Distorsi sejarah seperti yang telah saya tulis di muka akan sangat Nampak di kisah Syekh Siti Jenar. Kalau anda pernah menonton film Syekh Siti Jenar, anda akan melihat hal – hal mistis di dalamnya. Sunan Kalijaga yang mengejar Siti Jenar yang ambles ke tanah lalu berhasil menangkap dan memenggal kepalanya.

Dalam sejarahnya, para wali memang memiliki beberapa karomah yang bagi beberapa orang bisa dianggap sangat menakjubkan. Tapi visualisasi dalam film sangat berlebihan. Kalau anda ingat, dalam film sunan Kalijaga, digambarkan betapa dia harus bertapa di tepi kali hingga ditumbuhi lumut agar diterima sebagai murid salah seorang sunan.

Syekh Siti Jenar pun diperlakukan demikian. Masyarakat kita, sampai saat ini pun, masih sangat mempercayai hal – hal mistis, sehingga ada anggapan bahwa Siti Jenar adalah seseorang yang berasal dari cacing. Diubah menjadi manusia oleh Sunan Bonang karena mencuri dengar pembicaraan para wali. Sesuatu yang sangat mustahil bisa dilakukan oleh manusia!!

Untungnya, penulis berimbang dalam mengutip pendapat – pendapat mengenai Siti Jenar. Kalau menurut saya, pendapat yang paling benar adalah yang mengatakan bahwa Siti Jenar adalah penganut sufi yang mengajarkan manunggaling kawula gusti. Kalau para wali yang lain berdakwah tauhid, mengesakan Alloh, dakwah Siti Jenar ini mengancam kemurnian ajaran Islam. Karena itulah ia dihukum mati.

Ronggowarsito bisa jadi merupakan tokoh yang ditunggu – tunggu juga. Ia merupakan pujangga sekaligus peramal handal yang masih sering dijadikan rujukan hingga sekarang. Salah satu bait karangan Ronggowarsito yang tetap relevan hingga saat ini adalah seperti yang tertulis dalam Serat Kalatida: Sakbegja – begjaning wong kang lali, luwih begja kang eling lan waspadan (Seuntung – untungnya orang yang lupa, lebih untung orang yang ingat dan waspada). Di kisah Ronggowarsito ini pula penulis mengutip ramalan Ronggowarsito mengenai presiden Indonesia. Kalau anda membacanya, anda akan tercengang dengan ketepatan ramalannya. Tapi kalau kita lebih rasional, ramalan Ronggowarsito mengenai presiden ini terlihat hanya sebagai otak – atik mathuk (dihubung – hubungkan) saja. Kalau anda belum pernah mendengar mengenai ramalan Ronggowarsito ini, anda harus membaca buku ini.

Tokoh “misterius” lainnya adalah Syam Kamaru Zaman. Saya memberikan tanda kutip pada kata misterius karena menurut saya Syam Kamaru Zaman tidaklah misterius. Dalam sejarah, memang banyak orang yang sengaja disusupkan oleh pemerintah ke dalam kelompok tertentu untuk menghancurkan kelompok itu dari dalam. Syam adalah salah satunya. Dia disebut – sebut sebagai pentolan PKI yang turut membidani pemberontakan. Namun dalam persidangan ia justru memberikan kesaksian yang memberatkan tokoh – tokoh PKI yang lain. 

Menurut saya, buku ini ditulis dengan lebih baik daripada buku Manusia – Manusia Paling Misterius di Dunia. Meskipun tidak menyertakan banyak rujukan seperti buku yang sebelumnya, buku ini membuka mata saya bahwa seringkali sejarah dibelokkan demi keuntungan pribadi atau golongan. Kita harus selalu waspada.



Informasi Buku:
Buku 31
Judul: Manusia – Manusia Paling Misterius di Indonesia
Penulis: Anton WP
Penerbit: Buku Katta
Tebal:  125 halaman
Cetakan:  I, 2012

1 komentar:

  1. keren ulasannya... terima aksih telah berbagi :)

    BalasHapus