Pages

Selasa, 29 Mei 2012

Petualangan Sherlock Holmes

Dr. Watson menuturkan petualangannya bersama sahabatnya, Sherlock Holmes, di buku Petualangan Sherlock Holmes ini. Meskipun buku ini seperti buku – buku Sherlock Holmes yang lain – memuat kesimpulan brilian dari sang detektif – menurut saya buku Sir Arthur Conan Doyle yang ini ditulis dengan cukup unik.

Sir Arthur Conan Doyle memang seorang penulis yang piawai. Biarpun ke 12 kisah dalam buku ini berformat cerita pendek, ia bisa meramunya hingga tetap semenarik novel Sherlock Holmes yang lain. Kisah pertama berjudul Skandal di Bohemia. Berisi cerita tentang seorang bangsawan yang terlibat skandal dengan seorang wanita biasa. Awalnya itu bukan sebuah masalah yang perlu diributkan oleh sang bangsawan. Tetapi ketika ia akan menikah dengan seorang wanita yang juga seorang bangsawan, ia menjadi resah. Wanita yang pernah dicintai oleh sang bangsawan itu mengancam akan mengacaukan pernikahan mereka. Dalam kegalauannya, sang bangsawan meminta pertolongan kepada Sherlock Holmes. Namun, apa daya, ternyata Sherlock Holmes malah jatuh hati kepada sang wanita. Bagaimana nasib sang Bangsawan?

Kisah yang tak kalah menarik adalah sebuah kisah yang berjudul Lima Butir Biji Jeruk. Kisah ini mengingatkan saya pada SMS berantai yang berisi perintah agar si penerima sms mengirimkan kembali SMS itu kepada beberapa orang atau kalau tidak ia akan mendapatkan musibah. Jika anda mendapatkan SMS seperti itu, apakah anda akan mengindahkannya? Tentu tidak.

John Openshaw mendapatkan sebuah surat yang berisi lima butir biji jeruk dan sebuah perintah. Berbeda dengan sikap kita ketika menerima sebuah SMS berantai, John Openshaw menjadi sangat ketakutan sehingga merasa perlu meminta pertolongan kepada Sherlock Holmes. Holmes pun bertindak. Namun, berbeda dengan kisah Holmes pada umumnya, kisah ini ditutup tanpa sebab kecerdasan si detektif.

Kisah favorit saya adalah kisah tentang Batu Delima Biru. Seorang pencuri batu permata secara tiba – tiba mendapatkan ilham untuk menyembunyikan hasil curiannya ke dalam perut seekor bebek. Kekuatan analisis Holmes sangat terasa dalam kisah ini. Di sini kita juga bisa tahu bahwa Holmes adalah seorang cerdas dengan karakter yang kuat. Kelebihan Holmes ini bisa kita ketahui ketika dia mendebat sekaligus mengorek informasi dari seorang penjual bebek yang marah. Namun, kasus ini terungkap bukan hanya karena kelebihan Holmes dalam menganalisa. Kasus ini berhasil diselesaikan oleh Holmes karena si pelaku pencurian yang masih sangat amatir.

Kisah – kisah lainnya sangat sayang untuk dilewatkan. Semuanya menarik. Namun setelah menyelesaikan sekian kisah itu, saya curiga Sir Arthur Conan Doyle menulis sebuah kisah dalam buku ini dengan mengembangkan ide dari kisah lainnya. Kisah Skandal di Bohemia dan Bangsawan Muda sama – sama mengisahkan tentang bangsawan yang akan menikah. Bedanya, di Skandal di Bohemia sang bangsawan takut jika percintaannya dengan rakyat biasa di masa lalu bisa merusak proses pernikahannya, sedang di Bangsawan Muda, si bangsawan gagal menikahi gadis yang dicintainya karena sang gadis kembali kepada kekasihnya di masa lampau.

Dalam Kasus Identitas, seorang ayah tiri menyaru menjadi pemuda yang mencintai anak tirinya sendiri dan kemudian membuatnya patah hati. Dengan membuat anak tirinya patah hati, diharapkan si anak tidak lagi mempunyai kehendak untuk menikah sehingga si ayah tiri bisa leluasa memanfaatkan harta warisan untuk si gadis. Mirip dengan Kasus Identitas, dalam Pria Berbibir Miring, seorang ayah sengaja menyamar menjadi pengemis, tanpa sepengetahuan anak istrinya agar dapat menafkahi mereka secara layak. Kedua kisah sama – sama mengangkat tokoh yang menyamar karena alasan harta benda.

Dalam Perkumpulan Orang Berambut Merah, tokoh cerita dipekerjakan oleh seseorang dengan gaji yang besar untuk sebuah pekerjaan yang bisa dikatakan sangat sepele. Iming – iming bayaran besar dengan pekerjaan yang ringan juga bisa kita temukan di kisah Ibu Jari Sang Insinyur dan Petualangan di Copper Beeches. Tokoh – tokoh dalam ketiga kisah itu juga digambarkan sedang mengalami kesulitan keuangan.

Kekurangan dari karya Conan Doyle ini, menurut saya, ada pada kisah yang pertama; Skandal di Bohemia. Saya rasa, apa yang direncanakan dan dilakukan oleh Holmes di kisah ini biasa – biasa saja. Sehingga tentu saja si target operasi bisa langsung membaca rencana itu. Akan tetapi, Doyle terlalu melebih – lebihkannya sehingga Sherlock Holmes menjadi sangat mengagumi orang yang telah menggagalkan operasinya. Dalam Lilitan Bintik – Bintik, dikisahkan si Dokter bisa melepaskan ular peliharaannya kemudian memanggilnya kembali dengan siulan. Jika hewan yang dilibatkan dalam kisah ini berupa kuda atau anjing, saya akan mempercayainya. Namun jika itu ular, saya sangsi jika hewan berbisa ini bisa secerdas itu.

Nah, sekarang kembali kepada pernyataan saya di paragraf awal. Apa yang unik dari buku ini? Buku ini dikarang sedemikian rupa sehingga seolah – olah ditulis oleh Dr. Watson. Dan di kisah Petualangan di Copper Beeches, Sherlock Holmes mengejek Dr. Watson telah “menurunkan derajat serangkaian bahan kuliah menjadi serial cerita dongeng”!!


Informasi Buku:
Buku 32
Judul: Petualangan Sherlock Holmes
Penulis: Sir Arthur Conan Doyle
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal:  498 halaman
Cetakan:  IX, Februari 2012

Rabu, 09 Mei 2012

Kutipan dari The Last Secret

"Kau terburu - buru .... seperti hidupmu, kurasa. Biarkan terbuka dengan sendirinya, Cotten Stone. Jika kau tergesa - gesa, banyak yang akan terlewatkan dan kau akan melaluinya tanpa pernah melihatnya. Semua masalah - semua jawaban - diberikan kepada kita bila kita telah siap menerimanya."

Senin, 07 Mei 2012

Manusia – Manusia Paling Misterius di Indonesia


Semua Negara, sepanjang sejarahnya, memiliki manusia – manusia besar yang turut membentuk karakternya. Negara besar seperti Amerika, pernah memiliki seorang besar seperti George Washington yang akan dikenang rakyat sebagai pemimpin yang jujur. Dan    bukan cuma Washington, ada ribuan orang lain. Bahkan mungkin ratusan juta orang.

Begitu juga dengan Negara kita. Kita pernah memiliki seorang pemimpin besar seperti Ir. Soekarno. Seorang presiden yang disegani di seluruh dunia. Seorang pemimpin dengan karakter yang sangat kuat sekaligus pendiri bangsa. Seorang yang cerdas sehingga menguasai begitu banyak disiplin ilmu. Seorang yang tampan dan gagah sehingga menjadi pujaan banyak wanita. Kita berbangga hati karena pernah memiliki pemimpin seperti itu. Namun, seperti Amerika, kita tidak hanya memiliki seorang saja. Ada jutaan orang.
Namun, karena sejarah tidak selalu dicatat, akan selalu muncul kesimpang siuran kabar. Yang karena kesimpang siuran itulah ada banyak tokoh yang tidak dikenal dan ada banyak tokoh yang misterius.

Kita bisa memaklumi hal ini karena rentang waktu antara kehidupan tokoh – tokoh itu dengan kehidupan kita di masa kini begitu panjang. Kalau ada distorsi sejarah selama kurun waktu itu, tentu hal yang wajar. Akan tetapi distorsi itu  tidak selalu dikarenakan kesalahan wajar. Banyak juga sejarah yang diselewengkan karena kepentingan pribadi atau golongan tertentu.
Terlepas dari itu semua, Anton WP menulis Manusia – Manusia Paling Misterius di Indonesia ini. Buku yang berisi sepuluh orang Indonesia yang dianggap paling misterius ini dimulai dengan kisah Gajah Mada. Lalu diikuti kisah hidup Hang Tuah, Syekh Siti Jenar, Ronggowarsito, Si Pitung, Tan Malaka, Supriyadi, Kahar Muzakar, Syam Kamaruzaman dan Sudjana Kerton. Urut – urutan ini sudah cukup menarik bagi saya. Karena semua tokoh yang dipilih sudah mewakili setiap zaman. Gajah Mada, sang pemersatu nusantara, mewakili zaman kuno. Sedang zaman modern diwakili oleh Sudjana Kerton yang konon pernah diculik oleh UFO.

Distorsi sejarah seperti yang telah saya tulis di muka akan sangat Nampak di kisah Syekh Siti Jenar. Kalau anda pernah menonton film Syekh Siti Jenar, anda akan melihat hal – hal mistis di dalamnya. Sunan Kalijaga yang mengejar Siti Jenar yang ambles ke tanah lalu berhasil menangkap dan memenggal kepalanya.

Dalam sejarahnya, para wali memang memiliki beberapa karomah yang bagi beberapa orang bisa dianggap sangat menakjubkan. Tapi visualisasi dalam film sangat berlebihan. Kalau anda ingat, dalam film sunan Kalijaga, digambarkan betapa dia harus bertapa di tepi kali hingga ditumbuhi lumut agar diterima sebagai murid salah seorang sunan.

Syekh Siti Jenar pun diperlakukan demikian. Masyarakat kita, sampai saat ini pun, masih sangat mempercayai hal – hal mistis, sehingga ada anggapan bahwa Siti Jenar adalah seseorang yang berasal dari cacing. Diubah menjadi manusia oleh Sunan Bonang karena mencuri dengar pembicaraan para wali. Sesuatu yang sangat mustahil bisa dilakukan oleh manusia!!

Untungnya, penulis berimbang dalam mengutip pendapat – pendapat mengenai Siti Jenar. Kalau menurut saya, pendapat yang paling benar adalah yang mengatakan bahwa Siti Jenar adalah penganut sufi yang mengajarkan manunggaling kawula gusti. Kalau para wali yang lain berdakwah tauhid, mengesakan Alloh, dakwah Siti Jenar ini mengancam kemurnian ajaran Islam. Karena itulah ia dihukum mati.

Ronggowarsito bisa jadi merupakan tokoh yang ditunggu – tunggu juga. Ia merupakan pujangga sekaligus peramal handal yang masih sering dijadikan rujukan hingga sekarang. Salah satu bait karangan Ronggowarsito yang tetap relevan hingga saat ini adalah seperti yang tertulis dalam Serat Kalatida: Sakbegja – begjaning wong kang lali, luwih begja kang eling lan waspadan (Seuntung – untungnya orang yang lupa, lebih untung orang yang ingat dan waspada). Di kisah Ronggowarsito ini pula penulis mengutip ramalan Ronggowarsito mengenai presiden Indonesia. Kalau anda membacanya, anda akan tercengang dengan ketepatan ramalannya. Tapi kalau kita lebih rasional, ramalan Ronggowarsito mengenai presiden ini terlihat hanya sebagai otak – atik mathuk (dihubung – hubungkan) saja. Kalau anda belum pernah mendengar mengenai ramalan Ronggowarsito ini, anda harus membaca buku ini.

Tokoh “misterius” lainnya adalah Syam Kamaru Zaman. Saya memberikan tanda kutip pada kata misterius karena menurut saya Syam Kamaru Zaman tidaklah misterius. Dalam sejarah, memang banyak orang yang sengaja disusupkan oleh pemerintah ke dalam kelompok tertentu untuk menghancurkan kelompok itu dari dalam. Syam adalah salah satunya. Dia disebut – sebut sebagai pentolan PKI yang turut membidani pemberontakan. Namun dalam persidangan ia justru memberikan kesaksian yang memberatkan tokoh – tokoh PKI yang lain. 

Menurut saya, buku ini ditulis dengan lebih baik daripada buku Manusia – Manusia Paling Misterius di Dunia. Meskipun tidak menyertakan banyak rujukan seperti buku yang sebelumnya, buku ini membuka mata saya bahwa seringkali sejarah dibelokkan demi keuntungan pribadi atau golongan. Kita harus selalu waspada.



Informasi Buku:
Buku 31
Judul: Manusia – Manusia Paling Misterius di Indonesia
Penulis: Anton WP
Penerbit: Buku Katta
Tebal:  125 halaman
Cetakan:  I, 2012