Pages

Rabu, 29 Mei 2013

Upgrade Android 4.0 (Ice Cream Sandwich) ke Android 4.1.2 (Jelly Bean)

Ini bukan review!

Untuk pertama kalinya saya menulis postingan yang tidak ada kaitannya dengan buku. Sengaja saya lakukan sebagai ungkapan kegembiraan saya karena telah berhasil meng-upgrade Android Ice Cream Sandwich (ICS) saya ke Android Jelly Bean. Saya menuliskan ini dengan semangat berbagi dan berharap mudah – mudahan ada manfaatnya bagi anda yang ingin meningkatkan Android OS anda ke sistem operasi yang paling mutakhir saat ini.

Upgrade ini berlaku untuk HP Samsung. Saya menggunakan Samsung Galaxy Chat yang OS bawaannya adalah Android ICS. Saya tidak tahu apakah upgrade ini juga berlaku pada HP Samsung tipe lainnya. Tapi tidak ada salahnya untuk dicoba.

Untuk upgrade ke Jelly Bean, Samsung menawarkan dua cara. Yang pertama adalah melalui Kies dan yang kedua melalui FOTA (Firmware over the Air). Jika anda ingin meng-upgrade langsung melalui HP anda, anda bisa memilih melalui FOTA. Tapi menurut saya, langkah terbaik adalah melalui Kies.

Saya pun meng-upgrade Android saya melalui Kies. Dan berikut langkah – langkahnya:

Pertama, jika anda belum menginstal Kies, silakan anda download Kies di sini.

Kedua, instal Kies di komputer anda dan setelah selesai, jalankan.

Ketiga, sambungkan HP anda ke komputer dengan menggunakan kabel USB


Keempat, setelah HP anda terdeteksi Kies, kliklah nama HP anda yang telah terdeteksi itu.


Kelima, kalau upgrade software tersedia untuk HP samsung anda, akan muncul tampilan yang memberitahukan kepada anda bahwa ada firmware yang tersedia untuk Android yang anda pakai.


Keenam, kliklah tombol Firmware Upgrade



Ketujuh, proses download dimulai. Jangan lepaskan kabel USB HP anda selama proses download berlangsung. Lama proses download tergantung koneksi internet anda tentunya.


Kedelapan, setelah proses download selesai, proses selanjutnya adalah proses upgrade. Di langkah ini jangan sekali – kali melepas kabel USB HP anda.


Kesembilan, jika proses telah selesai, akan muncul pemberitahuan yang memerintahkan anda agar me-restart HP anda, mencabut kabel USB HP anda dan menyambungkannya kembali dengan komputer. Kliklah tombol OK. Lalu lakukan seperti yang telah diperintahkan.



Kesepuluh, Kies akan kembali mendeteksi HP anda. Kliklah Basic Information dan anda akan menemukan tulisan This is the Latest Firmware disana.


Jika tampilan seperti di atas yang terlihat di Kies anda, Selamat! Android anda kini telah ter-upgrade ­ke Jelly Bean


Catatan:
  1. Back Up semua data di HP anda dengan menggunakan Kies, sebelum melakukan proses upgrade.
  2. Jika anda melakukan langkah – langkah di atas dengan benar, Insya Alloh Android ICS anda akan ter-upgrade ke Jelly Bean, namun jika proses di atas gagal, saya tidak bertanggung jawab atas akibat apapun yang terjadi pada perangkat seluler anda!
  3. Screenshot di atas diambil dari tutorial Kies yang bisa anda tonton di sini.


126 komentar:

  1. untuk galaxy chat kira* brp lama? satu jam kah ato brp?

    BalasHapus
  2. Terima kasih, sangat membantu sekali. Recommended! :)

    BalasHapus
  3. gan samsung galaxy chat saya baru pertama beli versi androidnya udah 4.1.2
    berarti tu udah jelly bean kan :D

    BalasHapus
  4. Firmware nya besar banget gan?

    BalasHapus
  5. Ternyata gak cuma review buku aja...btw harus yang branded ya yg bisa diupdate pake cara ini?

    ditunggu kunjungannya ke antologisi.tk :D

    BalasHapus
  6. Untuk hp lain recommend apps nya apa nih? Mail kan dong

    BalasHapus
  7. ea nig galaxy chat gwa versi android nya 4.1.2 itu dah jelybean lum ?

    BalasHapus
  8. keren - keren... salluuuttt !

    BalasHapus
  9. sebelum upgrade datanya harus di back up biar apa?

    BalasHapus
  10. Di samsung galaxy tab sucessfull

    BalasHapus
  11. "namun jika proses di atas gagal, saya tidak bertanggung jawab atas akibat apapun yang terjadi pada perangkat seluler anda!"

    Kata2 terakhir yang daleem banget nih..
    Jadi serem mau upgrade nya..
    hahaha..

    BalasHapus
  12. Sony Ericsson Xperia Mini Pro SK17i bisa gk?

    BalasHapus
  13. saya juga mengalami hal yg sama iseng2 Upgrade System Android Samsung Ch@ta GTB5330 pake wifi kantor..., eh setelah selesai... makan waktu kira2 40 menit.., jadi deh dari Android 4.0 menjadi 4.1.2 .., dicoba deh gan...,

    BalasHapus
  14. selain hp samsung bisa gak gan..?

    BalasHapus
  15. saya upgrade lgsung dari hp galaxy chat cuma setengah jam kok. dan tanpa di back up ternyata datanya pun sama sekali gak ilang :D

    BalasHapus
  16. Kok kabel usb saya tidak terdeteksi ya ??

    BalasHapus
  17. make koneksi modem gak nih klo upgrade atau memakai pulsa?
    NEWBIE sorry

    BalasHapus
  18. gan ..
    ane udah upgrade fireware nya ..
    tapi kenapa pas 97% error yah ?
    apa ada yang salah ?
    padahal ane dah ikutin tutorial nya gan ..
    mohon pencerahan ..

    BalasHapus
  19. kok hape gue gak bisa konek ya... sekalinya konek kayak ada tanda gembok gitu

    BalasHapus
  20. @anonim: Sepertinya, jika ada error saat upgrade, itu karena koneksi internet yang terputus.
    @haris: Pakai modem
    @Pais: maaf saya tidak tahu.
    @anonim: 4.1.2 = Jelly Bean

    BalasHapus
  21. nice info gan..

    BalasHapus
  22. kalo mau upgrade harus diroot dulu pa gak gan.?

    BalasHapus
  23. thanks Gan buat infonya
    sangat bermanfaat :D

    BalasHapus
  24. Thanks Gan... Berhasil GT-P3100 Samsung

    BalasHapus
  25. gan back up datanya kok stuck ya

    BalasHapus
  26. Saya rencana mau upgrade OS android tablet saya dari Versi 2.2 Froyo menjadi versi 2.3 Gingerbread. Kira2 kalau menggunakan aplikasi di atas, bisa nggak ya sob..??

    BalasHapus
  27. wah, patut dicoba nih, tapi mesti jaringan internet yang stabil ya, mm,, dicoba malam deh :)
    makasih agan atas infonya, mampir jg ya,, di web ane :)

    BalasHapus
  28. kalo upgrade gitu nanti data-data internal dan eksternal nya ilang ga yaa ??? mohon di BALAS ! :)

    BalasHapus
  29. dari gb bisa upgrade langsung ke jb gk ni?

    BalasHapus
  30. adduuuuhhhh...kok nga bisa....
    gmna caranya gan...update os jelly bean untuk hp nokia cina yang bisa pake senter2...????

    mohon petujuknya.....

    BalasHapus
  31. segampang itukah?
    berlaku juga ga untuk tablet?

    BalasHapus
  32. kalo terjadi kegagalan dalam mengupgrade effect ke HPnya ap ?

    BalasHapus
  33. knpa versi ace 2 nggk ada upgratenya

    BalasHapus
  34. Kalau galaxy ace bisa di upgrade ke ics nga ya gan ?

    BalasHapus
  35. tapi klo diganti ke versi gingerbread lge bsa ndak ,cos liat diseblah stlah di ganti versinya masa garansi hangus

    BalasHapus
  36. Kayaknya memang agak Branded, perlu juga di pertimbangkan option ini hehehe

    BalasHapus
  37. hello bro, saya mengunakan samsung gelaxy note 2 android 4.0, disini saya ingin mengupgrade ke android 4.1.2 , disebabkan saya tak seberapa faham sangat , boleh ka bro replay ke email saya di:
    johdinsungaji@gmail.com. atau wechat id: zeckzoey. t.kasih.

    BalasHapus
  38. klo cara upgrade di hp lngsung gmn gan?? puny ane galaxy chat jg..
    mohon di blz gan

    BalasHapus
  39. Klo gagal hp gk konek** idup mati idup mati lagi...cuma logo samsung doang ... Tp sy puas !!!

    BalasHapus
  40. mas ko dikies saya ga ada bacaan upgradenya sih ???

    BalasHapus
  41. Thanks for review, it was excellent and very informative.
    thank you :)

    BalasHapus
  42. jika gagal upgred apa yg terjadi pda hp nya gan???

    BalasHapus
  43. tadinya mau langsung dicoba malam ini juga, tapi konekornya ketinggalan di workshop :( , mau pake kabel setrikaan kegedean :p

    BalasHapus
  44. gan, cara ini berlaku buat samsung tab 2.7 gak ??

    BalasHapus
  45. kalo hp cina bisa gak upgrade ics ke jb. ?
    hp saya cross A28

    BalasHapus
  46. bener kga gan ics bsa ke jelly bean

    BalasHapus
  47. deg degan bisa kaga ya samsung galay chat???

    BalasHapus
  48. ko gak da updatenya gan? tolong bantu dong

    BalasHapus
  49. mantabbb banget gan,lengkap, thanks yah ... :)

    BalasHapus
  50. Klo samsung galaxy mini bisa gak gan?

    BalasHapus
  51. hp sya udh bsa jd 4.1.2
    tp koq g bsa bwt install bbm yaa??

    BalasHapus
  52. pengen coba... pakek modem bisa gag ya

    BalasHapus
  53. android samsung chat gt b5330 ane udah 4.1.2 tpi buat dunlud aplikasi bbm yg dri rim msih blm bisa , solusi na bro????

    BalasHapus
  54. xperia bisa gk pake cra ini? ._.

    BalasHapus
  55. apa hanya jenis hp samsung ya?

    BalasHapus
  56. broo klw galaxy pocket gimana?? bisa upgrade ke jb ??

    BalasHapus
  57. hape ane kan sony experia miro OS nya ICS kira kira bisa ga ya diperbarui ke jellybean

    BalasHapus
  58. GAN kiesnya versi berapa

    BalasHapus
  59. Samsung Galaxy S Advance Succesfully Dowloading!! Thanks Before :)

    BalasHapus
  60. gan..nanya niih!!!cara backup data sebelum di upgrade gimana...maklum baru

    BalasHapus
  61. kalo untuk smartfreen andro max bisa gak gan?

    BalasHapus
  62. Gan, Kalo Android Versi 2.3.3 Bisa gak di upgread ke Versi 4.1.2? Dan apakah jika kita habis upgread data2nya bakal hilang? Mohon Jawabannya:)

    BalasHapus
  63. kog samsung tab 2.7 gt-p3100 udh versi 4.1.2 knp gak bisa ya??

    BalasHapus
  64. Cara ini hanya Berlaku untuk SAMSUNG saja tidak? soalnya saya pake Axioo PicoPad... :) Mohon di balas ^^

    BalasHapus
  65. untuk smasung galaxy ace 2 bisa nggak

    BalasHapus
  66. Klo ace duos gmna ?

    BalasHapus
  67. Agan-agan mau tanya, kenapa Android saya samsung galaxy cgat Gt tidak bisa beli paket android melalui telkomsel. kata operator saya perangkatnya tidak di dukung,,mohon penjelasannya ya..

    BalasHapus
  68. Klo mito a322 kan msih android ics klo ke kelly been bisa nga. Tolong pencerahannya dong ke emailku. Rinto.r
    Wentong@gmail.com

    BalasHapus
  69. Gan, kalo merk lain bisa ga?

    BalasHapus
  70. kalo upgrade langsung d hape gimana yaa?? hp saya samsung galaxy chat juga..

    BalasHapus
  71. klo pke modem smartfren yg 100 brpa lma slsainya gan ...??

    BalasHapus
  72. yang bisa di back UP cuma kontak memo ama sms doan, wakowpkaw

    BalasHapus
  73. Mau tanya ya..kalau upgrade os, apa software yang telah terinstal seperti bbm, wechat, game-game dan lainnya ikut terhapus?....thanks

    BalasHapus
  74. ane coba upgrade udh success tp ttp aja versinya ga ganti gan?

    BalasHapus
  75. min kok saya dah abis update jelly bean galaxy young
    kan berhasil
    truss mau pasang internet ultimate
    dah aktif tu
    tapi pas mau internetan gk bisa web not found trusss kaya gk ada internet
    jadi kaya mana donkk min cara memperbaikinya supaya bisa internetan lagi?

    BalasHapus
  76. saya pake Galaxy Wonder. Ada permintaan minta konfirmasi software di hp udah saya terima konfirmasi ber-kali kali dan gagal trs,tapi upgrade di KIES udah selesai. tolong penjelasannya kak

    BalasHapus
  77. gan punyaku galaxy poket w uda download kies Kies 3

    * Model yang didukung : Smart Phone/Tablet dari Galaxy Note III
    (Android OS 4.3 atau diatasnya) tapi g bisa connect hp ke kies nya mohon pencerahannya n kira galaxy pocker w bisa g gan di ubah ke jb mhon petunjukknya gan n alll

    BalasHapus
  78. gan n all minta petunjukknya donk punya w samsung galaxy pocket ni n w udah download kies Kies 3

    * Model yang didukung : Smart Phone/Tablet dari Galaxy Note III
    (Android OS 4.3 atau diatasnya) trs g connect gmna nih ??? kira klau bisa connect bisa g gan n all galaxy pocket punya w di ubah ke jb

    BalasHapus
  79. kalau upgrade dari gingerbread ke jelly bean langsung ga masalah gan?

    BalasHapus
  80. Sip,thx gan infonya. Kira2 kalo galaxy tab (4.0.3) bisa gk?

    BalasHapus
  81. di samsung gal chat ane succes 100% thanks......

    BalasHapus
  82. muhammad dwi yahya5 November 2013 11.20

    gan,saya baru baca tuh .trus baru upgrade..tapi kok agak lelet ya?trus bisa gak kembali ke ICS?

    BalasHapus
  83. kalo galaxy y S5360 bisa nggak ?

    BalasHapus
  84. sony xperia J bisa gk gan ?

    BalasHapus
  85. galaxy y young 2.3 ke 4.1.2 bisa ga ?

    BalasHapus
  86. kira-kira berapa lama waktunya gan?

    BalasHapus
  87. kenapa habis di update trus masuk ke apikasi balik terus ke layar awal y ?minta solusinya min

    BalasHapus
  88. Mending G star bro 1ghz dan bisa bbman lagie ,,, tanks , nice detail info. Hehe

    BalasHapus
  89. Kalo untuk hp lenovo s880 bisa ga ya gan.? mhon pencerahaanya donk..mksh

    BalasHapus
  90. klo gw upgradenya ada pemberitahuan dr hp nya,pas di liat info device nya os nya dah 4.1.2..itu dah jelly bean blm ya??

    BalasHapus
  91. Samsung Galaxy Cheat Ternyata Udah JB Sob....

    BalasHapus
  92. kalo HP Cross A28 Bisa gk di upgrade ke jelly bean ??
    Mohon infonya (kirim saja Ke Email saya Kelwin.tan23@yahoo.com

    BalasHapus
  93. kok gk bisa ke connect???

    BalasHapus
  94. untuk galaxy chat GT-B5530, file nya yg mna gan.?? yg KIES.. APA KIES 3??

    BalasHapus
  95. kok di samung galaxy chat ane gk ada tombol Firmware Upgrade??

    BalasHapus
  96. Tutor ini cuma berlaku buat samsung :v

    Galaxy Tab P-6200 sucess gan thanks

    BalasHapus
  97. instal kiesnya lama amat...
    thank gan infonya....

    BalasHapus
  98. salam agan semua,,buat yg sekitar solo yg bingung dgn upgrade hpny bs contack saya,083814510307

    BalasHapus
  99. samsung galaxy young duos bisa ndak ??

    BalasHapus
  100. samsung galaxy young duos bisa ndak ??

    BalasHapus
  101. Gan, hp saya galaxy ch@t juga cuma ini hp ga terdetek di PC
    Mesti gmna ya gan biar bisa upgrade os-nya?
    Sebelumnya thanks ya

    BalasHapus
  102. khusus hp samsung sajakah..?

    BalasHapus
  103. aku punya hp android htc unt 2 sim card cdma dan gsm androidnya ics 4.0.3 apa bisa di upgrade ke android jelly bean 4.01..... thx

    BalasHapus
  104. Lenovo S270 bisa nggak mas di upgrade ke jelly bean ?

    BalasHapus
  105. Gan, kalau pakai hp mito a322 bisa ga?

    BalasHapus
  106. Sony ericsson Xperia mini pro sk17i bisa tidak y

    BalasHapus
  107. Pas kies nya di download kok exe yaa?

    BalasHapus
  108. cara back upnya gmna gan? maap, gaptek..

    BalasHapus
  109. kereen!. tuuu
    besook akuu coba

    BalasHapus
  110. maaf sebelumnya, mau tanya, cara di atas hanya untuk samsung atau semua android? terimakasih~

    BalasHapus
  111. Berapah tuh Ukuran firmwarenya

    BalasHapus